5 Kuliner Sehat Ini Ternyata Sangat Berbahaya Dikonsumsi Saat Sahur

Posted on

Apakah kamu sudah mempersiapkan bahan makanan untuk sahur pertamamu? Jika ya, sebaiknya cek lagi bahan makanan yang akan dikonsumsi.

Beberapa makanan yang dikira sehat, ternyata sangat berbahaya. Sebut saja mangga, singkong sampai pala. Kebanyakan bahan ini kita gunakan untuk membuat berbagai masakan.

Sayang, ada beberapa bahaya yang tersembunyi di dalamnya. Dilansir TribunTravel.com dari laman listverse.com, 5 bahan makanan yang ternyata berbahaya.

1. Kayu Manis

Biasanya menjadi bahan tambahan untuk membuat kue atau minuman. Meski menyegarkan, kayu manis mengandung senyawa yang disebut coumarin.

Dosis kecil tidak berbahaya dan bahkan dapat menghasilkan manfaat kesehatan. Namun jika terlalu banyak dikonsumsi dapat menyebabkan peningkatan resiko kanker dan masalah hati.

2. Kentang

Sayuran yang satu ini biasanya sangat aman dimakan. Namun jangan pernah memakannya saat warnanya hijau.

Kenyang yang sudah berwarna hijau menunjukkan tanda-tanda kerusakan dari kandungan solanine.

Dalam makanan seperti kentang, kandungan solanin jarang menjadi masalah. Namun jika kadar tinggi racun ini tertelan sekaligus, bisa berbahaya bagi tubuh.

Bagi siapa saja yang makan sejumlah besar tunas yang tercemar atau memiliki kepekaan terhadap bahan makanan ini, dapat menyebabkan sakit kepala sampai masalah pencernaan.

3. Pala

Pala adalah bumbu universal yang digunakan dalam berbagai makanan. Mulai dari permen hingga kari.

Selain itu juga sering digunakan dalam pengobatan seperti mual, diare, dan masalah perut lainnya. Pada tahun-tahun sebelumnya, bahkan dikenal sebagai anestesi dalam kedokteran gigi.

Bagi siapa pun yang alergi terhadap pala, ini juga merupakan halusinasi yang tidak menyenangkan. Pala mengandung myristicin.

Dosis substansial dan alergi membuat myristicin mematikan ketika dicerna. Overdosis racun ini dapat berkontribusi pada banyak efek samping yang tidak menyenangkan yakni keracunan pala akut.

Gejala-gejalanya termasuk halusinasi, mengantuk, delirium, dan bahkan tidak sadar.

4. Singkong

Orang makan singkong dalam berbagai bentuk. Sayangnya, mengandung racun mematikan yang dikenal sebagai linamarin.

Hanya sedikit orang yang menyadari bahwa singkong itu fatal jika tidak disiapkan dengan benar. Linamarin seperti gula dalam susunan dan strukturnya.

Ketika singkong dicerna mentah, tubuh manusia mengubah linamarin menjadi racun sianida yang mematikan.

Perusahaan-perusahaan kimia menggunakan sianida untuk membuat pupuk, pestisida, dan fumigan, dan bahkan telah digunakan sebagai senjata kimia yang kuat.

Ketika disiapkan dengan benar, sianida tidak lagi ada di akar singkong. Jika tidak dimasak dengan baik, makanan singkong bisa berubah menjadi mimpi buruk.

5. Mangga

Merupakan bagian dari genus Anacardiaceae. Keluarga ini menghasilkan buah-buahan yang disebut drupes, yang dikenal karena bagian luarnya yang berdaging dan bagian dalamnya yang berbatu.

Blackberry, kacang mete, dan mangga semuanya dalam kategori makanan lezat ini. Sayangnya, sumac dan poison ivy juga menjadi bagian di dalamnya.

Beberapa tanaman dalam famili Anacardiaceae menghasilkan zat yang dikenal sebagai urushiol, zat putih dan lengket yang merembes dari kulit buah mangga.

Alergi terhadap urushiol bukan masalah bagi mayoritas penduduk, tetapi siapa pun yang memiliki kepekaan terhadapnya akan mengalami ruam seperti melepuh.

Bagi mereka dengan hipersensitivitas, kontak dengan kulit, daun, dan daging dapat menyebabkan ruam dan bahkan syok anafilaksis.

Jika kamu mengalami gejala gatal saat menyentuh mangga, hindari berurusan dengan kulit dan makan terlalu banyak.

Sumber: tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *