Ini Tips Mengambil Hati Mertua Agar Menjadi Menantu yang Disayangi

Posted on

Setelah menikah kini orangtua anda bukan hanya ayah dan ibu saja, melainkan orangtua dari pasangan juga kini telah menjadi orangtua atau yang biasa disebut dengan mertua.

Bisa mengikatkan tali hubungan ke jenjang yang lebih serius bersama dengan pasangan tentu saja menjadi hal yang amat menggembirakan untuk anda.

Untuk pertama kalinya, kini anda bisa memiliki hati dan jiwa pasangan seutuhnya. Hanya saja, ketika anda mencintai anaknya dan rela melakukan pengorbanan yang besar pada anaknya karena anda begitu mencintainya.

Maka pada orangtuanya pun anda harus bisa melakukan hal yang sama. Mencintai dan menganggap mertua seperti orangtua sendiri tentu saja menjadi hal yang sudah seyoganya bisa dilakukan setiap menantu kepada mertua.

Dan menjadi seorang menantu yang disayangi mertua seperti pada anak sendiri, tentu menjadi idaman bagi siapa saja yang melangsungkan pernikahan.

Hidup bahagia bersama dengan suami dan hubungan baik yang dibina bersama dengan mertua tentu saja akan membuat jalinan rumah tangga yang anda bina bersama dengan pasangan terasa begitu lengkap dan begitu sempurna.

Jadi, sewaktu anda bertemu atau saat mertua berkunjung ke rumah tidak ada lagi rasa canggung atau rasa takut dengan figur mertua yang banyak digambarkan oranglain sebagai sosok yang menyeramkan dan menakutkan.

Saat kita sudah bisa mengambil hati mertua, rasanya selalu berada dekat bersamanya seperti sewaktu anda berada dirumah sendiri dengan kasih dan sayang yang diberikan orangtua anda adalah hal yang anda senangi.

Hanya saja, citra mertua yang sudah terlanjur melekat sebagai sesosok orangtua yang cerewet dan suka mengatur terhadap menantunya semakin membuat bayangan seorang menantu terhadap mertua menjadi semakin memburuk.

Sehingga jangankan untuk bisa bercengkrama dan mengobrol bersama dengan mereka, untuk melihatnya saja sudah membuat gugup.

Memang benar, jika beberapa menantu banyak yang mengeluhkan jika saat pertama kali berjumpa dengan mertuanya mereka terlihat begitu ingin dan tidak pernah ‘welcome’, sehingga mereka merasa takut untuk bisa berjumpa dan bahkan tinggal satu rumah dengan mertuanya.

Namun tentunya tidak semua mertua yang bertindak demikian, ada begitu banyak mertua yang bijak dan baik hati yang senantiasa merangkul menantunya dan menganggap mereka seperti anaknya sendiri.

Untuk bisa membuat mertua mencintai dan menyayangi anda dengan baik, sebuah pertemuan yang mengesankan saja saat pertama ketika anda dan pasangan masih berpacaran, tidak cukup bisa membuat mertua anda dapat memperlakukan anda seperti anaknya.

Untuk itulah, perlu sekali dilakukan usaha untuk bisa mengambil hati mertua agar bisa membuatnya mencintai anda seperti ia mencintai anaknya.

Ada banyak hal yang harus anda perhatikan sebelum terburu membuat mertua bisa menerima anda dengan baik dikeluarga besarnya.

Untuk melakukan hal ini anda bisa meminta bantuan pasangan baik istri kepada suami maupun suami kepada istri. Misalkan dengan menanyakan pasangan apa hal yang disukai dan tidak disukai oleh orangtuanya.

Jika mertua tidak senang anda merokok atau terlalu banyak berbicara, maka mau tidak mau anda harus melakukan hal ini semata demi mengambil hati mertua.

Nah, dibawah ini ada beberapa tips alam mengambil hati mertua. Seperti apa? Kita simak berikut ini.

1. Tunjukkan Minat

Selain menggali informasi dari pasangan, hal lain yang juga penting anda persiapkan dan anda lakukan untuk mengambil hati mertua adalah dengan mempersiapkan attitude anda, tanpa perlu menimbulkan kesan berpura-pura atau berlebihan.

Saat awal menikah dan bersama dengan mertua atau anda dan pasangan masih tinggal dirumah mertua, maka akan lebih baik jika tidak bersikap terlalu dekat dan sok akrab.

Segala sesuatunya butuh proses, kedekatan yang anda coba bina bersama dengan mertua mungkin masih terasa canggung dan segan.

Jangankan untuk pergi ke dapur saat hendak mengambil minum saja, anda mungkin merasa canggung. Untuk itulah, perlahan cobalah untuk mulai memposisikan diri senyaman mungkin.

Lakukan pendekatan dengan mertua dengan menunjukan minat anda. Seperti misalkan ketika mertua berada didapur atau sedang memasak, ada baiknya hampiri ia dan tanyakan padanya apakah perlu bantuan.

Atau jika mertua meminta anda untuk beristirahat, maka sebaiknya jangan langsung pergi ke kamar dan tiduran. Coba lihat sekeliling anda, apakah ada hal yang bisa anda lakukan atau tidak.

Periksa kembali cucian piring, jika ada piring kotor tidak ada salahnya membantu mertua mencuci piring. Pelajari juga tradisi dalam keluarga pasangan, terutama apa yang harus dilakukan seorang perempuan atau laki-laki didalam rumah.

Hal ini perlahan namun pasti akan membuat mertua terkesan dengan sikap kita dan secara otomatis mereka akan mulai menyayangi kita.

2. Mencintai Mertua

Ketika anda berharap bisa dicintai dan disayangi oleh mertua, maka anda juga perlu melakukan hal yang serupa seperti yang anda inginkan dari mertua.

Jangan pernah berharap mertua bisa berlaku baik jika dibelakang anda sering menghujat dan menjelek-jelekan mertua sendiri.

Meskipun di awal-awal anda melihat mertua begitu dingin atau terkesan mertua anda cerewet, maka jangan pernah menghujat atau membencinya.

Tunjukan bahwa anda mencintainya dengan selalu mengutamakan dan mempedulikan mertua anda. Ketika mertua butuh teman mengobrol atau butuh seseorang untuk membantunya, maka adalah disana untuk membantunya.

Perlahan namun pasti, mertua akan mulai menyadari betapa berharganya kehadiran anda disana bersama dengan mereka.

Jangan karena kesal, anda lantas tak sudi berkunjung kemabli ke mertua dan malah saat anda ada bersama dengan mertua, anda hanya memisahkan diri dan tak ingin berada dekat bersama dengan mertua.

Percayalah hal ini malah akan memperburuk keadaan dan membuat anda semakin sulit mengambil hati mertua anda.

3. Jadilah Rajin

Seorang mertua tentu tidak senang jika melihat menantunya bangun siang dan malas-malasan, apalagi prinsip hidup orangtua jaman dulu masih memegang teguh bahwa bangun pagi adalah sebuah keharusan yang akan mempengaruhi rezeki seseorang.

Untuk itulah, saat anda berada bersama dengan mertua atau saat tinggal dirumah mertua, maka bangunlah lebih pagi, atau jika bisa bangunlah lebih pagi dari mertua anda.

Dan lekaslah ke dapur untuk mempersiapkan segala keperluan yang dibutuhkan anggota keluarga didalamnya. Jadilah rajin, namun dengan tidak menampakan kesan dibuat-buat yang malah membuat mertua anda berbicara dibelakang.

Menjadi rajin bisa anda tunjukan lewat sebuah usaha dengan mengerjakan sebuah pekerjaan dengan tanpa perlu disuruh-suruh.

4. Rawat Hubungan

Ketika anda baru beberapa kali ke rumah mertua dan kesannya biasa-biasa saja. Maka jangan dulu berpuas diri dengan beranggapan bahwa mertua anda biasa saja tidak galak atau tidak baik.

Pertemuan yang baru dan masih beberapa kali tidak cukup membuat anda mengetahui betul sikap dan sifat dari mertua anda.

Untuk itulah, rawatlah hubungan anda bersama dengan mertua dengan sering menanyakan kabar mertua atau sering berkunjung ke rumah mertua.

Tunjukan fokus dan minat anda pada mertua. Serta tunjukan pula jika anda selalu peduli pada mertua anda.

Jangan sampai mertua mengira anda adalah menantu yang tidak memperdulikan mertuanya sendiri. Betatapun mertua adalah orangtua dari pasangan yang kini telah menjadi orangtua anda juga.

5. Bawa Bingkisan

Selain mertua, keluarga inti lain dari pasangan juga akan anda hadapi. Pada intinya semua keluarga dari pasangan akan menjadi keluarga anda juga setelah menikah.

Jadi bukan hanya anda dituntut untuk terfokus paa bagaimana menyenangkan hati mertua dan membuat hati mereka bahagia.

Namun juga anda perlu memperhatikan kakak, adik atau keluarga lain dari pasangan. Yang tentunya, mereka juga sama pentingnya dengan mertua anda.

Nah, dengan membawakan bingkisan ini juga bisa dijadikan sebagai bukti bahwa anda memberikan perhatian pada keluarganya yang lain.

Demikian beberapa hal untuk bisa mengambil hati mertua. Hubungan baik yang terjalin bersama dengan mertua akan membuat hubungan anda terasa begitu lengkap dan bahagia.

Sumber: islampos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *