Tempat Paling Buruk Dan Paling Baik Dalam Islam

Posted on

Pasar dan terminal bisa dikatakan merupakan tempat paling ramai dan sering dikunjungi manusia. Khususnya bagi pasar, terdapat berbagai macam aktifitas seperti berjualan, tukang parkir bahkan pencopet pun ada.

Dalam sebuah hadits menerangkan bahwa pasar ternyata merupakan tempat paling buruk yang pernah ada.

Rasulullah SAW bersabda, “sebaik-baik tempat adalah masjid dan seburuk-buruk tempat adalah pasar” (HR. Ibnu Hibban dan dihasankan oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ no. 3271)

Bertolak belakang dengan pasar, tempat paling baik dan juga sangat dicintai oleh Allah SWT adalah masjid. Ya, masjid merupakan sebaik-baiknya tempat, karena didalamnya terdapat kegiatan-kegiatan ibadah kepada Allah yang mempunyai nilai pahala yang sangat besar.

Rasulullah SAW bersabda, أَحَبُّ الْبِلَادِ إِلَى اللهِ مَسَاجِدُهَا، وَأَبْغَضُ الْبِلَادِ إِلَى اللهِ أَسْوَاقُهَاTempat yang paling Alla cintai adalah masjid. Dan tempat yang paling Allah benci adalah pasar” (HR. Muslim)

Baiknya masjid sebagai tempat berkumpul, karena didalamnya akan berkumpul pula para Malaikat.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ …وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلَّا نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمُ الْمَلَائِكَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ

Dari Abu Hurairah, dia berkata: Rasulullah bersabda,”Dan tidaklah sekelompok orang berkumpul di dalam satu rumah di antara rumah-rumah Allah; mereka membaca Kitab Allah dan saling belajar diantara mereka, kecuali ketenangan turun kepada mereka, rahmat meliputi mereka, malaikat mengelilingi mereka, dan Allah menyebut-nyebut mereka di kalangan (para malaikat) di hadapanNya.” [HR Muslim, no. 2699; Abu Dawud, no. 3643; Tirmidzi, no. 2646; Ibnu Majah, no. 225; dan lainnya]. Buruknya pasar, karena dia adalah tempat berkumpul dan berperangnya syaithan, kebohongan bahkan umbar aurat ada disana.

وقال سلمان الفارسي رضي الله عنه : (لَا تَكُونَنَّ إِنْ اسْتَطَعْتَ أَوَّلَ مَنْ يَدْخُلُ السُّوقَ ، وَلَا آخِرَ مَنْ يَخْرُجُ مِنْهَا ، فَإِنَّهَا مَعْرَكَةُ الشَّيْطَانِ ، وَبِهَا يَنْصِبُ رَايَتَهُ) رواه مسلم (2451) .

Dari Salman radiyallohu ‘anhu, berkata : ” Jangan sampai engkau jadi orang pertama yg masuk pasar bila engkau mampu & jangan pula menjadi orang paling terakhir yg keluar darinya pasar lantaran pasar itu yaitu tempat peperangan para syaitan serta di sanalah ditancapkan benderanya.” HR. Muslim: 2451 & selainnya. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *